Tag

, , , , ,

Penasaran apa yang akan terjadi di tahun 2012 ? banyak pembicaraan sebelumnya, membahas tentang akhir jaman yang akan jatuh pada tanggal 21 desember 2012, seperti yang dinubuatkan bangsa maya. Pergeseran kutub dan rangkaian planet, serta ledakan gunung berapi yang dikatakan merupakan tanda-tanda akhir jaman.

Berdasarkan sumber yang penulis baca dari world-of-lucid-dreaming.com, kebenaran dibalik tahun 2012 seperti yang disebutkan penulis di atas adalah hoax. Semua teori ini muncul hanya karena tahun 2012 ditargetkan sebagai akhir jaman.

Berikut ini adalah kebenaran  claim  hoax  2012.

Penemuan Planet Nibiru (Planet X)

Planet Nibiru diisukan akan menabrak bumi di waktu yang akan datang. Isu ini sering dikaitkan dengan datangnya akhir jaman. Tapi tau kah kalian ? Kepastian akan planet ini merupakan sebuah teori belaka.

Kembali di tahun 1976, ketika Zecharia Stichin menerbitkan buku The 12th Planet, dalam bukunya, ia mengatakan, bahwa ras sumeria telah mengidentifikasi planet ke-12 yang dinamakan Nibiru. Apa yang telah di claim peradaban sumeria sangat bertentangan dengan penemuan dari para ahli.

Tahukah anda, ras Sumeria, sangat sedikit memiliki pengetahuan tentang astronomi dan hampir pasti tidak tahu  tentang keberadaan uranus, neptunus, ataupun pluto. Sehingga claim planet ke-12 ini hanyalah sebuah claim yang tidak akurat.

Penemuan lain yang ditemukan oleh peneliti-peneliti Jepang Juni 2011 lalu, berdasarkan perhitungan mereka, mungkin saja terdapat sebuah planet yang sedikit lebih besar daripada objek plutoid atau planet kecil, tetapi tidak lebih besar dari bumi, dan planet ini bukanlah planet nibiru (untuk lebih jelas baca disini)

Hoax lainnya datang dari seorang bernama Nancy Leider yang menyatakan telah berbicara dengan aliens (can u believe that ? omg) dan mengumumkan diwebsitenya bahwa planet nibur berada pada jalur tabrakan dengan bumi ditahun 2003. Tidak ada yang terjadi ditahun 2003, kemudian kiamat diundur ke desember 2012.

Akhir Jaman Berdasarkan Kalender Suku Maya

Setelah isu planet x dengan kaitannya dengan tahun 2012, datang konspirasi lain dikaitkan dengan kalender perhitungan suku maya yang berakhir di tahun 2012.

Meskipun bangsa maya cukup maju dan memiliki pengamatan yang solid mengenai astronomi, tidak pernah ada nubuat yang dibuat mengenai datangnya hari kiamat. Hal ini telah dikonfirmasi oleh para sarjana suku maya asli. Kalender maya harus berakhir pada tanggal tertentu, tetapi hal ini hanya menjadi sebuah siklus yang baru, sama halnya dengan kalender biasa yang berakhri di 31 desember dan berawal pada 1 januari.

Nubuat suku maya hanyalah propaganda (tipuan lain) yang disebarkan melalui internet, dokumenter tv, dan film-film besar yang mengangkat cerita tentang 2012.

Kesejajaran Planet

Untuk beberapa alasan tertentu, banyak orang beranggapan bahwa planet-planet akan keluar dari keselarasan planet pada 21 Desember 2012, dan berakibat pada akhir jaman untuk umat manusia.

Menurut NASA mengenai planetary alignment, tidak akan terjadi pergeseran bumu dari keselarasan tata surya hingga beberapa dekat ke depan.  Sekalipun hal ini terjadi, tidak akan terjadi efek yang benar-benar mempengaruhi bumi. Kenyataannya adalah, bumi setiap akhir tahun, bumi dan matahari berada pada poros yang sejajar dengan pusat galaksi bima sakti.

Pergeseran Kutub

Planet bumi dikelilingi oleh medan magnetik yang mengalami pergerakan setiap rata-rata 400.000 tahun. Dilihat dari tingkat pergerakan, dapat diprediksikan, perpindahan berikutnya akan berada dalam 1,000 – 3,000 tahun ke depan. Namun yang pasti tidak dalam jangka waktu ditahun 2012.

Sekalipun perubahan ini terjadi, kemungkinan yang terjadi tidak akan merugikan kitaa. Jika pergeseran kutub benar-benar mematikan, maka bukti ini akan muncul dalam catatan fosil sebagai kepunahan manusia sejak awal peradaban di bumi, namun ini tidak pernah terjadi.

Badai Matahari

Dari semua teori yang ada, teori yang mungkin paling kredibel adalah badai matahari. Hal ini mungkin terjadi, namun tidak berarti merupakan akhir dari kehidupan.

Matahari memiliki pergerakan aktifitas yang besar setiap 11 tahun sekali. Berdasarkan kejadian beberapa tahun lalu ketika matahari berada pada puncak aktifitas tertinggi, kerusakan yang diakibatkan hanyalah pada gangguan komunikasi satelit, namun saat ini para insinyur telah  membangun perangkat elektronik yang dapat melindungi satelit-saltelit dari badai matahari.

Tidak dapat dipungkiri, aktifitas puncak dari matahari berikutnya akan terjadi pada 2012 dan 2014, namun merupakan sebagai siklus yang tidak berbahaya.