Tag

, , , , ,

Saat ini dunia sedang ramai membicarakan persoalan SOPA dan PIPA. Beberapa website raksasa seperti google dan wordpress, melakukan aksi blackout (layar hitam bertuliskan censored) dan pesan berisikan protest terhadap rancangan undang-undang  mengenai Stop Online Piracy Act (SOPA) ini.

SOPA merupakan sebuah rancangan kebijakan terhadap perlindungan hak cipta / content yang ada di dunia maya. Mungkin contoh sederhananya sama seperti pelarangan terhadap pembajakan DVD / VCD. Lantas mengapa “sesuatu” yang terlihat baik mendatangkan protest yang begitu besar dari para surfer internet ?

Menurut google, berdasarkan pesan blackout website google sendiri, mengatakan bahwa SOPA hanyalah “kedok” / konsiprasi yang menjadikan hak cipta sebagai tameng, dengan tujuan mengurangi jumlah penggunaan internet, dan lebih beralih kepada media Televisi. Singkat / gampangnya “Sopa = No Internet, Yes Television

SOPA memberikan hak penuh kepada para pemilik konten untuk menutup website penulis yang mungkin hanya sedikit mengutip atau menggunakan sumber seperti gambar / video.

Pembatasan konten seperti ini akan mempengaruhi tingkat kreatifitas dan ekspresi yang bisa disalurkan. Bisa dibayangkan ? Anda menaruh sebuah image dari official website dengan maksud memberikan referensi namun dari pihak resmi menganggap ini sebuah pelanggaran dan melaporkan domain anda sehingga berpeluang di block! Contoh lain mungkin tanpa sengaja anda lupa menambahkan source terkait! Anda siap menangis darah apabila website anda telah berada dalam ranking fantastis, dan advertising yang ramai mendatangkan uang secara langsung akan di shut down! Game over babe!

Contoh diatas tidak berlaku untuk website-website yang secara terang-terangan (disengaja) memasukan content bajakan seperti video, lagu, dan hal-hal tertait lainnya.

Melihat penjelasan diatas, search engine akan menjadi burung tanpa sayap! Dikarenakan menampilkan content yang berpeluang untuk dituntut (sue). Pola operasi internetpun dikhawatirkan akan berubah.

Pendiri Wikipedia sendiri secara frontal mengancam akan menutup operasi wikipedia apabila undang-undang ini di “sah” kan. Bagaimana dengan anda ?