Tag

, , ,

Cara menjaga kesehatan dengan berolahraga (fitness) tidaklah cukup. Banyak hal yang perlu kamu perhatikan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan fresh setiap harinya. So, what is the best way yang perlu kita lakukan untuk menjaga kesehatan ? Berikut ini adalah cara menjaga kesehatan kamu agar tetap terjaga.

jaga kesehatan

1. Menjaga Pola Makan yang Sehat.
Jika kamu berpikir bahwa diet ketat akan membantumu cepat langsing, sebaiknya kamu mengubah pola pikir ini. Untuk mendapatkan nutrisi, tubuh manusia membutuhkan karbohidrat dari makan, protein, dan lemak! what ? Yap, lemak dari setiap makan. Dengan demikian, jantung dan otak akan sehat dan sistem imun tubuh juga lebih berfungsi. Banyak orang yang mengatakan bahwa makan 6x sehari dalam porsi kecil akan lebih baik daripada 3 porsi besar. Hal ini dimaksud untuk menjaga tubuh agar tidak kekurangan energi. Hindari Junk food!
Selain itu, banyaklah minum air, karena air dapat membantu mencuci sisa metabolisme tubuh.

2. Tidur Nyenyak Setiap Malam.
Orang dewasa membutuhkan 7 – 9 jam per hari untuk tidur, sedangkan anak sekolahan membutuhkan 10 hingga 11 jam. Hal paling penting dalam meningkatkan kualitas tidurmu adalah tidur dengan keadaan mati lampu (tanpa cahaya). Apabila lingkungan tempat tidurmu tidak memungkinkan ini, disarankan untuk menggunakan penutup mata pada saat tidur. Dengan tidur, kamu dapat menghindari makan yang berlebihan. Menurut sebuah studi dari American Journal of Clinical Nutrition, orang yang tidur 4 jam rata-rata mengkonsumsi lebih dari 500 kalori dibandingkan mereka yang tidur 8 jam.

3. Teruslah Berolahraga
Apabila kamu tidak memiliki waktu atau uang untuk membayar keanggotaan gym, sebisa mungkin untuk berolahraga sendiri di rumah. Hal ini tentu bisa kamu lakukan bukan ? No more excuses! Well, tahukah kamu, orang berotot membakar lebih banyak kalori ketika mereka tidur ?
Dengan melakukan cardio, kamu bisa tetap menjaga bentuk jantungmu.

4. Berhentilah merokok, menggunakan obat-obatan, dan bila perlu, berhentilah minum minuman beralkohol. Dengan demikian, kamu bisa menghindari resiko seks bebas, berkendaraan dalam kecepatan tak wajar, dan resiko lainnya.

5. Perbaiki kesehatan psikologismu. Mulailah untuk belajar memiliki hubungan yang sehat tanpa manipulasi. Pelajari emosimu sehingga dengan begini kamu dapat lebih mengenal diri sendiri. Perkaya kehidupan sex juga dapat mengurangi tingkat depresi loh!

6. Hidup Higienis.Cuci tangandengan bersih setelah melakukan kontak dengan orang sakit. Sikat gigi dan lidah 2x sehari untuk membatasi plak dan bakteri jahat.

Semoga cara menjaga kesehatan di atas bisa membantu kamu semua hidup sehat dan jauh dari penyakit ya!