Tag

, , , , ,

Sebenarnya sudah lama saya mendengarkan profesi “pawang hujan” dan eksistensinya, namun baru kali ini mengetahui bahwa ternyata itu bukan mitos semata. Awalnya saya berpikir ini hanya merupakan sebuah kepercayaan dari budaya yang kaitannya tidak jauh-jauh dari mitos dan mistis, namun kenyataannya masyarakat modern ternyata tidak sedikit yang menggunakan jasa mereka. Saya sendiri sejujurnya tidak mempercayai ini, dikarenakan adanya penjelasan logis dan ilmiah tentang bagaimana terbentuk, terjadinya hujan dan saya lebih mempercayai itu.

Dari namanya saja kita pasti sudah tahu apa tugas mereka. Kalau pawang ular, tugasnya mengendalikan ular, maka pawang hujan ini tugasnya mengatur / mengendalikan hujan. Mereka tidak menghentikan hujan, tetapi memindahkan hujan ini ke suatu lokasi tertentu, begitulah yang saya temukan di internet berdasarkan beberapa sumber.

Sungguh kagetnya saya ketika membaca thejakartapost.com, ternyata bisnis seperti golf memasukan pawang hujan sebagai salah satu standard procedure perusahaan mereka. Tidak hanya itu, ternyata sukarno dan suharto juga pernah menggunakan jasa ini. Well, kalau udah sampai sini sudah agak ragu kalau bilang ini merupakan hoax ya, saya jadi fifty fifty sekarang hehe.

Di kantor saya saat ini, dalam waktu dekat akan menyelenggarakan sebuah event besar. Dari sinilah awal rasa penasaran saya soal pawan hujan, dan akhirnya memutuskan untuk googling dan mencari informasi tentang ini. Ternyata kantor saya sendiri saat ini sedang meloby seorang pawang hujan, dan cukup kaget bahwa bayaran untuk seorang pawan hujan untuk setengah harinya dia minta 2 juta rupiah. Untuk harga mungkin relatif ya, karena di jakartapost untuk case golf business bayarannya per jam dengan kisaran 300an.

Wah, mantap juga ya bayaran untuk seorang pawan hujan. Oh iya, untuk menjadi seorang pawang hujan, ternyata tidak mudah. Hanya mereka yang memiliki kemampuan khusus yang bisa melakukan ini. Kalau yang saya baca, sebenarnya mereka hanya berdoa, dan mempelajari arah angin, cuma penjelasan lebih lanjut soal ini saya kurang paham. Mungkin ada yang tahu dan bisa menjelaskan ? Silahkan dikolom komentar ya🙂