Tag

, ,

Tepat tanggal 20 November 2012 kemarin, sebuah berita duka masuk ke group bbm master degree blackberryku. Sungguh terkejut ketika seorang teman memberitakan bahwa salah satu teman kami baru saja meninggal dunia. Selidik punya selidik, ternyata ia meninggal akibat kanker tulang yang dideritanya.

Saya sendiri cukup shock mendengar berita ini. 1 tahun lebih sudah tepatnya kami tidak pernah saling bertemu lagi. Dikarenakan tidak ada lagi class dan fokus pada thesis sehingga teman-teman jarang bertemu satu sama lain. Saya ingat betul, terakhir kami bertemu tahun lalu pada kelas terakhir di semester itu (sebelum thesis), saya sangat kaget karena badannya menjadi semakin kurus, dan terlihat sangat lelah (not fresh).

Awalnya saya kira mungkin dia diare. Dan setelah ditanya, ia menjelaskan bahwa beberapa hari belakangan ini ia sering sakit-sakitan. Pernah sekali pingsan di kamar mandi, untung saja ada pembantu di apartment nya yang menolong saat itu. Sempat juga rawat inap dirumah sakit, dan pada saat melakukan test, ia divonis mengidap kanker. Namun saat itu ia tidak menyebutkan bahwa itu kanker tulang. Saya shock, karena selama setahun lebih mengambil kelas berbarengan (karea kami satu jurusan), ia terlihat lincah, dan sangat bugar. Sama sekali tidak ada tanda bahwa ia memiliki sebuah penyakit yang berbahaya, dan mungkin ia juga belum menyadari itu.

Dirinya sendiri menolak untuk menerima vonis dari dokter, dan mengatakan akan melakukan check ulang di luar negeri biar pasti hasilnya.

Sejak saat itu tak pernah lagi ada kontak. Biasanya bersama beberapa teman lainnya kami sering keluar, makan, atau ngebeer bareng. BBMnya dan YM juga tidak aktif lagi.

Hingga tepatnya 20 November 2012 lalu, kami mendengarkan berita duka itu. RIP My Friend. May God be with you.

Sejak mengetahui berita ini, saya kemudian melakukan pencarian di google tentang kanker tulang, dan saya ingin berbagi ini kepada teman-teman semua, seperti apa kanker tulang itu, bagaimana gejalannya, dan cara mengindarinya.

KANKER TULANG

Kanker tulang disebabkan oleh suatu persoalan dengan sel-sel yang membentuk tulang. Lebih dari 2,000 orang-orang didiagnosis di Amerika setiap tahun dengan suatu tumor tulang. Tumor-tumor tulang terjadi paling umum pada anak-anak dan remaja-remaja dan lebih kurang umum pada orang-orang dewasa yang lebih tua. Kanker yang melibatkan tulang pada dewasa-dewasa yang lebih tua adalah paling umum akibat dari penyebaran metastasis dari tumor yang lain.

Ada banyak tipe-tipe yang berbeda dari kanker tulang. Tumor-tumor tulang yang paling umum termasuk osteosarcoma, Ewing’s sarcoma, chondrosarcoma, malignant fibrous histiocytoma, fibrosarcoma, dan chordoma. – totalkesehatan.com

Gejala Kanker Tulang, secara umum biasanya diawali dengan rasa nyeri pada tulang, dan terjadi pada malam hari dan saat sedang beraktifitas. Namun rasa nyeri ini lambat laun akan sering terjadi tergantu pada pertumbuhan tumor pada tulang. Selain itu, menggigil, demam, keringat di malam hari, dan kemungkinan mengalami penurunan berat badan. Gejala ini cukup bervariasi pada beberapa orang.

Mencegah kanker tulang, dapat kita lakukan dengan mengkonsumsi makanan bergizi, olah raga yang rutin, dan vitamin D yang cukup. Sebisa mungkin hindari rokok dan minuman beralkohol.

Stay healthy ya teman-teman🙂