Tag

, , , , , ,

Ceritanya bermula tahun 2011 silam. Salah seorang saudara saya akhirnya mengetahui kalau dia memiliki batu ginjal. Semua berawal dari terserang penyakit Diare. Walaupun mungkin agak aneh apa hubungannya dengan batu ginjal namun ini yang terjadi di awal pada saudara saya.

Jadi ceritanya dia sakit diare. Setelah sembuh, perut dia sering mengalami kesakitan. Dia sering mengeluh kalau bagian perut (tepatnya sebelah mana saya lupa) berasa kayak sedang ditusuk-tusuk. Selama itu dia hanya mengkonsumsi obat penghilang sakit perut. Sebagai catatan, sudah beberapa kali dia bolak balik rumah sakit dan vonis dari dokter cuma maag, masuk angin, atau diare.

Hingga suatu saat, dia pergi berobat dan dianjurkan untuk foto. Hasil foto menunjukan disekitar ginjal ada seperti flek-flek gitu, atau dibilang batu ginjal. Correct me if i am wrong ya, soalnya saya kurang paham soal medis hehe… Cara paling cepat ya operasi.

Namun suatu saat ketika saya kembali menjenguk dia, saya melihat dia sedang menuangkan cairan ke dalam gelas berisikan air putih. Kemudian diaduk dan diminum.

Saya bertanya “Itu apa ?” dia menjawab kalau itu adalah obat propolis. Mungkin seperti obat alternatif kali ya, dan saya baru pertama kali mendengarkan nama obat itu. Kontan saya tidak setuju dan menyuruhnya untuk mengikuti resep dokter. Namun dia bilang ingin mencoba obat ini terlebih dahulu.

Setelah 1 – 2 bulan mengkonsumsi obat ini, ketika saya sedang dikantor, dia mengirimkan pesan bbm dan bertanya kalau saya ada waktu dia ingin telfon. Saya kira kambu lagi penyakitnya mau di antar ke rumah sakit.

Ketika menelfon dia langsung berkata “Puji Tuhan… batu ginjalnya sudah keluar” saya yang mendengarkan itu langsung berterima kasih sama Tuhan dan bahagia mendengarkan berita ini.

Setelah bertemu dia menceritakan bagaimana proses hingga batu ginjal itu keluar. Siang hari, saat dia ingin tidur, dia berasa ingin buang air kecil. Saat pergi ke kamar mandi, dia merasakan seperti ada yang turun dan mengganjal di alat kelaminnya. Kontan dia langsung menyadari mungkin ini adalah batu ginjal tersebut. Dengan berusaha menahan perih, akhirnya batu sebesar 2-3x kacang hijau itu lompat ke lantai kamar mandi.

Wah bisa saya bayangkan pasti dia bahagia sekali. Saya yang mendengarkan kabar itu saja sangat senang. Batu ginjal itu diambil, dicuci dan disimpan sama dia. Ketika saya melihat, batu itu seperti kristal-kristal yang membeku. Atau tepatnya seperti terumbu karang di laut gitu. Susah jelasinnya.

Saya sendiri sebenarnya kurang percaya sama obat alternatif selain dokter. Rada riskan saja, tapi ini benar-benar berhasil untuk saudara saya.

Kata orang-orang sih propolis emang obat bagus. Papa saya yang punya penyakit diabetes dan darah tinggi saya anjurkan untuk minum obat ini, tapi dia menolak mentah-mentah hehe..

Well, buat teman-teman yang mungkin kerabat, saudara, atau orang dekat ada yang mengalami penyakit ginjal seperti saudara saya ini, mungkin informasi ini bisa berguna. Perlu dipikirkan mungkin untuk masing-masing orang khasiatnya berbeda ya ? Atau coba konsultasi ke dokter kalau minum obat ini aman atau tidak.

Oh iya, sekedar informasi.. Saudara saya ini doyan banget minum air putih, dan rutin banget. Saya sendiri heran kenapa sampai dia bisa kena batu ginjal. Atau mungkin waktu kecil / muda dulu air minum yang dia menimum mengandung banyak kaporit ya ? Hehe..

Untuk mencegah saja, duhh mending rajin deh minum air putih. Sebelum tidur dan setelah bangun pagi. Semoga bermanfaat.