Tag

, , ,

Dulu, waktu masih kecil, suka banget sama game! Favorit saya adalah Final Fantasy dari Square Enix. Plot cerita yang menarik dan epik, serta visual grafis 3d yang sangat menawan. Masih ingat teriakan mama tiap kali saya main playstation dan lupa waktu belajar hehe…

Saya sangat berterima kasih kepada Tuhan sudah memberikan hobby itu hehe.. kalau kata orang banyak main game hanya buat anak kecil bodoh, saya kurang setuju😛 Dari main game Final Fantasy itu, saya jadi kepicut untuk belajar bahasa Inggris (kelas 5 SD sekitar tahun 90an) biar bisa ngerti plot cerita dalam game, dan mulai baca-baca buku grammar yang menumpuk dari hibahan tante saya yang seorang suster. Rajin buka kamus untuk mencari makna, atau tanya ke om saya untuk bantu menerjemahkan. Om saya, saya suruh duduk di samping sambil menterjemahkan sembari saya main haha..

Berangkat dari hobby itu juga, saya jadi ingin terjun ke dunia game, pengen menjadi developer game, kayaknya keren! Masuklah saya ke salah satu universitas  untuk jurusan IT. Setelah lulus, menyadari kalau di Indonesia sendiri konsentrasi untuk game di perkuliahan belum ada, jadi jatuh2nya lulus dan memutuskan untuk jadi seorang web programmer🙂

Walaupun tidak kesampaian jadi game developer, saya akhirnya terjun ke dalam industri game salah satu perusahaan publisher game online di Indonesia, dengan posisi sebagai web developer.

Saya mulai mempelajari, rekan-rekan kerja saya dari devisi marketing sering kali mencari-cari media berita online yang membahas tentang game untuk beriklan. Melihat peluang pasar yang luas, dan masih jarang, beranikan lah diri saya untuk membuat sebuah situs portal berita game.

Saya mulai rajin menulis artikel, dan kegiatan-kegiatan lain yang sama seperti para blogger lainnya lakukan. Beruntungnya karena keahlian saya di dunia pengembangan web, saya bisa melakukan kostumisasi atau update teknologi baru web biar tidak ketinggalan kompetitor. Saya juga mulai menerapkan teknik SEO (Search Engine Optimization) biar mendatangkan banyak traffic dari google.

Situs saya mulai terkenal, dari dalam dan luar negeri. Tanpa harus mencari berita terbaru saya sering sekali mendapatkan kiriman press release dari perusahaan-perusahaan di industri game.

Mulai muncul perusahaan yang berminat untuk beriklan di blog saya. Dan client pertama saya yang pertama adalah dari China. Mereka bayar melalui transfer bank, baru iklan saya naikkin hehe..

Setelah berjalan cukup lama, saya akhirnya kenal dengan google adsense dan mulai menggunakannya. Walaupun tidak banyak, setiap bulan google rutin mengirimkan gaji saya. Kalau mau buka rahasia dari google sendiri sekitar $US300. Hehe walaupun kecil tetap bersyukur, karena sumber income bukan hanya dari google.

Sekarang malah terpikir untuk buat beberapa blog yan membahas fokus bidang-bidang tertentu. Kalau berjalan lancar dan bisa sesuai harapan, bisa dibayangkan dong, seumpama 1 blog bisa menghasilkan 300an dollar, paling sedikit kita punya 3 blog sudah berapa tuh yang kita dapat😛

In my opinion, peluang ini cukup menjanjikan. Apalagi pertumbuhan internet di Indonesia akan terus melaju naik.

Saat ini saya bekerja disalah satu media online besar di Indonesia. Saya ingin mempelajari lebih dalam segala macam aktifitas yang berkaitan dengan media, banyak bertanya kepada para teman-teman editorial yang dengan baik menjelaskan, dan juga teman-teman marketing (AE) tentang bagaimana cara approach client, flow dari penawaran proposal hingga iklan naik ke website. Mimpinya sih pingin suatu saat punya portal media besar! Amin!

Nah buat teman-teman blogger lainnya, jika kamu punya skill menulis dan merangkai kata yang baik, coba ambil kesempatan ini. Saya sering banget racunin teman-teman editorial.

Saya bilang “Lu kan suka nulis berita atau artiel. Kenapa gak buat blog ? Lumayan loh passive income nya!” tapi beberapa dari mereka menolak, atau sama sekali gak tertarik karena mungkin terlalu sibuk. Sayang banget padahal!

Semoga cerita saya bisa memberikan inspirasi dan semangat buat teman-teman blogger!