Tag

, , , ,

Sebelum kita bahas lebih lanjut, apakah kamu semua sudah familiar dengan situs lintas.me ? Jika belum mari kita bahas terlebih dahulu.

LINTAS.ME

Situs lintas.me bisa dibilang termasuk dalam “social media”, yang berfungsi sebagai tempat berbagi berita, dan mendongkrak trafik menuju ke situs kita. Nah, situs seperti ini kerap kali ramai sekali dikunjungi oleh para pakar seo (search engine optimization) atau website owner.

Mungkin kalau diluar negeri, lintas.me ini pola kerjanya hampir sama seperti reddit dan digg.

Nah, karena maksud kita untuk menarik traffik dari situs itu, tentunya sumber trafik harus bisa dipercaya oleh google. Situs yang ramai digunakan sebagai media spammer, apalagi konten yang melanggar policy google seperti copyright tentunya bakal menjadi calon-calon masuk blacklist panda. Kalau sudah demikian, tentu saja website kita juga akan menerima dampak tersebut.

OK… sekarang kita sudah tahu situs seperti apa itu lintas.me. Kenapa saya bilang kalau lintas.me kini semakin ramai dihuni oleh para junker, konten yang tidak memiliki relasi, sehingga pembacapun enggan mampir. Betapa tidak, konten berbahasa Arab saja sempat lolos tanpa filter loh! Entah apa yang admin mereka lakukan, tapi kegiatan seperti ini sangat sering terjadi.

Sebagai contoh bisa lihat screenshot berikut ini:

lintasmeIni adalah salah satu timeline di category PC. Misalkan nih anda salah satu publisher yang aktif submit konten di kategori ini, tentunya posting terbaru anda akan ketutup atau semakin turun ke bawah karena banyaknya posting tak berkualitas seperti di atas ini.

Tidak hanya melakukan spamming dan merugikan publisher lainnya (karena kemungkinan konten yang kita submit kesempatan terlihat semakin kecil), spamming di atas adalah salah satu contoh situs yang sudah jelas melanggar peraturan google karena berkaitan hak cipta. Download game hasil crack,atau bajakan lainnya.

Sayangnya dari tim lintas.me sendiri tidak terlihat berusaha mencegah ini. Dan para spammer semakin nyaman saja, sedangkan blogger seperti saya juga mulai menjauh dari lintas.me. Mengapa ? Karena saya rasa tak worth it lagi posting di sana, dan juga jadi sangat rawan kena panda.

Beberapa waktu lalu juga ada seorang konsultan SEO yang sedang mengerjakan project dari kantor tempat saya bekerja. Dia juga memberikan komentar negatif terhadap situs ini, dan memperingatkan untuk berhenti dan menghapus semua link yang masuk dari situs ini.

Nah, adakah solusi atau alternatif lain buat para blogger ? Ada gan! Dan lebih trusted source, yaitu vivalog, dari vivamedia. Situsnya di sini gan: http://log.viva.co.id/

Lebih worth it posting di sana gan.. Semakin unik, lagi hot dan berguna topik yang anda tulis, semakin mungkin artikel anda di terima. Yap, semua artikel harus lewat sortir manual dari team editor mereka (asumsi saya yah), dan akan tampil setelah disetujui.

Kalau  sudah di setujui trus apa yang didapat ? Kamu bakal terima lunjakan trafik yang sangat besar, bisa seribuan visitors perhari, dan ini bisa sekitar 2-3 hari.