Tag

, , , , ,

Pertama-tama beberapa dari kamu mungkin asing dengan istilah “social bookmarking”. Makanan apakah itu?

Well, social bookmarking sebenarnya merupakan bentuk / form dari social media. Pada situs social bookmarking, para pengguna internet berbondong-bondong membagikan kontent seperti link berita, gambar, atau video, ke situs tersebut, sehingga orang lain juga bisa membaca / melihatnya.

Apapun yang kita anggap menarik bisa kita bagikan melalui portal tersebut. Misalkan kita sedang membaca sebuah artikel dari suatu website tentang bagaimana cara menghasilkan uang dari blog, dan ingin membagikan artikel ini kepada orang lain, atau sekedar disimpan, kita bisa posting link artikel itu di situs social bookmarking.

Intinya, adalah berbagi… sehingga semakin banyak orang membacanya. Bedannya dengan facebook ? Nah kalo facebook kan mayoritasnya pada suka curhat atau galauan gitu, kendati tidak tertutup ya sama beberapa user yang suka berbagi info.

Manfaat social bookmarking apa dong? cuma sharing-sharing content gitu doang.. Eits tunggu dulu.. banyak loh manfaatnya.. Misalkan kita sebagai user awam, portal ini bisa kita gunakan untuk menyimpan artikel-artikel menarik atau kita rasa penting. Sehingga suatu saat kita ingin mencari atau membacanya lagi, kita tinggal login dan lihat daftar link yang pernah kita posting… Selain itu, user lain juga bisa mengomentari artikel tersebut sehingga dapat terjalin sebuah diskusi tukar pikiran atau pendapat.

Itu kalau fungsinya untuk orang awam.. dan yang mungkin paling merasakan keuntungan dari situs seperti ini adalah para pemilik website dan praktisi SEO (Search engine optimization).

Biasanya mereka gunakan untuk menarik traffic, atau mendapatkan backlink sehingga meningkatkan kepercayaan mbah google  ke situs mereka.

Kalau 1 portal misalnya dikunjungi lebih dari 10.000 user perhari, dan artikel yang ia bagi bisa masuk ke halaman popular atau homepage, bisa di bayangkan berapa banyak orang yang klik? Yang jelas “SURGA” hehe..

Di luar negeri sendiri, sebenarnya situs seperti ini sudah sangat banyak. Sebut saja Reddit, Digg, Chime, Slashdot, Stumbleupon, dan masih banyak lagi.

Trus di Indonesia ? Sayangnya yang benar-benar berkualitas masih terbilang sedikit.. sayang banget..

Nah, berikut ini beberapa situs social bookmarking (content sharing) yang menurut saya cukup dilirik:

Lintas.me

Lintasme cukup menawarkan banyak kategori untuk posting yang bisa kita muat.. Mulai dari entertainment, politik, berita dunia, sampai artikel-artikel unik bin aneh bisa kita temui di sini. Komunitasnya sih sudah cukup baik, hanya saja di sayangkan masih bisa ditembus sama spammer dan junker sehingga terlihat kurang reliable..

Infogue

Situs ini juga ternyata banyak peminatnya. Sayangnya, celah dari situs ini sepertinya sudah banyak orang ketahui, sehingga mereka bisa mengakalinya agar artikel bisa tampil di homepage sebagai popular post.

Saya sudah pernah coba create 100 account palsu untuk situs ini. Dan coba posting 1 artikel dan kemudian saya login satu satu untuk 100 account tadi, dan memberikan like atau jempol pada artikel yang saya posting. dan hasilnya ? BOOM, masuk ke halam pertama homepage.

Setelah saya masuk halaman depan, apakah saya dapat traffic gede ? Sayangnya tidak… saya akhirnya berasumsi bahwa situs ini lebih banyak dikunjungi para praktisi seo atau backlink farmer dan sayang sedikit pembaca natural (alami) yang setia.

Clasensation

Ini yang punya dari perusahaan rokok bukan ya? dari bentuk desain dan logo kayaknya kenal. Portal yang satu ini cukup dapat dipercaya. Tapi sayangnya pagerank situs ini tidak terlalu tinggi.

Rumpitekno

Portal ini khusus hanya untuk mereka yang menyukai teknologi. Kalau kamu punya blog yang membahas seputar komputer, gadget, atau teknologi lainnya, kamu bisa posting di sini.

Pulsk

Dari semua situs di atas, in my opinion, portal ini yang paling menjanjikan. Terlihat lebih professional dan user friendly. Tema yang diusungpun sangat mirip dengan pinterest. Saya sendiri baru mengetahuinya hari ini, saat seorang teman saya ada yang share link situs ini. Kategorinya cukup banyak, dan pagerank Pulsk telah mencapai PR 3.