Tag

, ,

Diposting terdahulu saya tentang masterweb, saya lihat ada beberapa komentar yang menjelaskan kalo mereka kena suspen dari masterweb dikarenakan memberatkan server. Padahal beberapa dari mereka menyebutkan kalau website mereka tergolong simple dan trafik tidak membludak. Saat itu saya belum pernah mengalami masalah tersebut.

Nah, seminggu lalu, akhirnya saya kena juga. Salah satu hosting saya di suspen dengan alasan memberatkan server karena mengkonsumsi memori yang tinggi (high load). Saya agak bingung, secara website saya sudah 3 tahun di situ dan baru kali ini kena suspen.

Saat di suspen, saya sempat check google analytic. Traffic saya lihat cuma 160an visitor. Agak janggal sih. Secara 2 tahun belakangan trafik saya bisa tembus 1000 lebih dan gak ada masalah. Di tahun 2013 padahal ada penurunan trafik yang signifikan (gak sampai 800) perharinya.

Yang membuat saya agak aneh saat di suspen itu total trafik baru 160an. Saya sempat meminta masterweb untuk membandingkan dengan hosting saya yang satu lagi yang mana trafik perharinya bisa 1500 lebih visitor. Tapi jawaban dari mereka sama sekali tidak menjawab pertanyaan saya.

Jadi saya berasumsi sendiri. Ada dua kemungkinan. Yang pertama website kita kena flooding dari orang iseng yang me loop perintah tertentu sehingga membuat website kita bekerja keras secara berulang ulang. Dan yang kedua, mungkin gak kalo ini dari sisi server mereka?

Setelah kejadian saya langsung hubungi masterweb untuk dibuka kembali website saya. Saat ini website sudah diaktifkan. Trafik saya di kisaran 800an dan sampai sekarang belum dapat warning yang sama lagi.